Minggu, 20 Agustus 2017

Segudang Manfaat Vitamin C


Vitamin C nutrisi adalah yang paling banyak dikenal, dan juga telah banyak disediakan dalam bentuk suplemen. Vitamin C sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh kita. Tubuh tidak menyimpan Vitamin C, oleh karena itu kita perlu untuk mengkonsumsinya secara rutin dari makanan.
Tubuh kita membutuhkan vitamin C untuk memproduksi kolagen, yaitu protein yang membantu mendukung tendon, ligamen dan pembuluh darah, serta menjaga kulit dan organ tubuh lain secara bersama-sama. Vitamin C juga berguna untuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati, serta membantu memperkuat sistem kekebalan kita agar tubuh terlindungi dari berbagai penyakit.

Makanan sumber Vitamin C:
Buah-buahan dan sayuran yang sering kita jumpai adalah sumber vitamin C alami terbaik, sehingga Anda tidak harus mendapatkannya dari suplemen. Anda bisa mendapatkan cukup Vitamin C hanya dengan memasukkan beberapa makanan kedalam diet Anda.

Buah jeruk, jus jeruk, stroberi, melon, semangka dan buah kiwi mengandung banyak vitamin C.  Sementara sayuran yang tinggi Vitamin C adalah brokoli, stroberi, tomat , kentang, paprika merah maupun hijau.

Vitamin C juga banyak tersedia dalam bentuk suplemen dengan beragam dosis, dan tersedia dalam berbagai bentuk, seperti tablet, kapsul, minuman dan bubuk kristal. Tablet dan kapsul vitamin C dosisnya bisa berkisar dari 25 mg sampai 1500 mg. Vitamin C kristal yang biasanya tersedia dalam botol, dan 1 sendok teh Vitamin C kristal setara dengan 500 mg.

Vitamin C dalam makanan bisa berkurang karena penyimpanan, dan karena dimasak. Mengukus dan microwave adalah cara memasak yang bisa mengurangi kadar Vitamin C dalam makanan.

Kekurangan Vitamin C :
Kasus kekurangan vitamin C jarang sekali terjadi,  karena hampir semua makanan yang kita makan sehari-hari mengandung vitamin C. Merok*k adalah kebiasaan yang bisa menurunkan penyerapan vitamin C oleh tubuh,  sehingga perokok berisiko lebih tinggi kekurangan vitamin C.

Tanda-tanda kekurangan vitamin C antara lain:

Rambut kering dan pecah-pecah
Gingivitis atau radang gusi, gusi berdarah
Kulit kasar kering dan bersisik.
Jika terjadi luka lebih lama sembuh, mudah memar dan mimisan.
Penurunan kemampuan tubuh untuk menangkal infeksi
Bentuk yang paling parah kekurangan vitamin C adalah penyakit kudis, bintik-bintik pada kulit dan perdarahan pada selaput lendir. Seseorang dengan penyakit ini tampak pucat, merasa depresi dan sulit bergerak. Dalam kondisi yang parah, akan terjadi luka, gigi lepas dan berakhir dengan kematian.
Kurang vitamin C juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit kantung empedu, stroke, kanker dan aterosklerosis (penumpukan plak dalam arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke).
Pastikan untuk makan-makanan yang cukup banyak vitamin C,  untuk mengurangi risiko mengalami beberapa kondisi seperti diatas.

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan, rambut dan Kulit

Cukup mendapatkan asupan vitamin C akan sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan, yang mencakup serta kesehatan kulit dan rambut. Apa sajakah manfaat vitamin yang paling populer ini?, simak berikut:

Manfaat Vitamin C untuk kesehatan:
Penggunaan vitamin c akan menguntungkan Anda banyak : Jadi baca di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut :


1 . imunitas tubuh:

Dosis yang sehat Vitamin C akan melindungi tubuh kita dari infeksi, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini juga akan meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk memperbaiki luka, serta kebal dari bakteri, virus dan infeksi. Vitamin C  juga diperlukan untuk kolagen, protein struktural utama yang ditemukan dalam jaringan ikat. Vitamin C yang diminum akan membantu untuk menyembuhkan luka lebih cepat dan lebih baik.

Vitamin C bisa mengurangi keparahan gejala demam karena flu biasa, termasuk peradangan, hidung meler dan sakit kepala. Vitamin C juga mengontrol alergi yang bisa menyebabkan demam. Hal ini akan mengurangi kadar histamin, dan seringkali dapat mempercepat menghilangkan demam.
3 . antioksidan :

Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat dan efektif,  yang berguna untuk melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel, serta aterosklerosis yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.
4 . hipertensi :

Vitamin C telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah, serta mengurangi kemungkinan resiko hipertensi dan masalah kesehatan serius yang terkait dengan tekanan darah tinggi.
5 . Pembuluh darah :

Vitamin C juga memastikan pembuluh darah yang sehat, yang membantu melindungi kita dari penyakit tertentu seperti aterosklerosis, kolesterol, jantung  dan nyeri dada.
6 . Mencegah keracunan timbal:

Vitamin C membantu menurunkan tingkat timbal dalam darah kita secara dramatis. Keracunan timbal dapat menyebabkan berbagai masalah perkembangan dan perilaku, terutama pada anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan yang tinggi polusi. Hal ini bisa menyebabkan ketidakmampuan belajar, menurunkan IQ, dan terhambatnya pertumbuhan pada anak-anak. Pada orang dewasa mungkin bisa menderita kerusakan ginjal, dan tekanan darah tinggi.
7 . Untuk menurunkan berat badan :

Vitamin C terbukti bisa membantu menurunkan kadar lemak,  dan menjaga berat badan yang sehat. Ahli diet dan ahli gizi selalu menyarankan vitamin C dari buah-buahan dan sayuran untuk diet, karena ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa makan-makanan yang kaya vitamin C secara teratur akan membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Dokter telah menemukan bahwa makan buah-buahan yang kaya vitamin C dapat menurunkan insulin, sehingga tubuh tidak menyimpan gula dan mengkonversinya menjadi lemak untuk digunakan sebagai bahan bakar tubuh.
8 . stres :

Vitamin C bisa membantu tubuh untuk mengatasi stres, dengan jalan mengurangi kadar hormon stres atau kortisol.
9 . katarak :

Mata kita membutuhkan vitamin C agar berfungsi dengan baik. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan katarak, di mana lensa mata menjadi semakin buram. Katarak menyebabkan pandangan kabur, dan bisa berakhir dengan kebutaan pada orang dewasa. Asupan tinggi vitamin C akan mencegah katarak, karena akan meningkatkan jumlah aliran darah ke mata.
10 . kanker :

Sifat antioksidan vitamin C akan melindungi sel kita dari kerusakan dan mutasi DNA, sehingga melindungi kita dari kanker. Vitamin C juga membantu regenerasi vitamin E yang merupakan antioksidan lain yang kuat. Vitamin C tidak secara langsung menyerang kanker yang telah terjadi,  tetapi menjaga sistem kekebalan tubuh untuk berperang melawan kanker.
11 . energi :

Vitamin C berguna untuk menyeimbangkan sistem dalam tubuh karena kondisi lingkungan yang tak terhitung jumlahnya. Hal ini membantu produksi dopamin dalam sistem saraf, dan mendukung fungsi adrenal untuk meningkatkan energi metabolik.
12 . Penyakit jantung :

Vitamin C mencegah penyakit jantung dengan jalan mencegah radikal bebas yang dapat merusak dinding arteri,  yang dapat menyebabkan pembentukan plak. Vitamin C juga menjaga kolesterol dari oksidasi yang dapat menyebabkan stroke jantung. Masalah tekanan darah tinggi juga bisa diatasi dengan nutrisi ini.


13 . diabetes :

Pasien diabetes juga bisa terbantu oleh Vitamin C, karena akan membantu untuk mengatur kadar gula darah. Suplemen vitamin C akan menurunkan glukosa dalam sel-sel tubuh, di mana akan melindungi dari berbagai komplikasi diabetes.
14 . asma :

Orang yang kurang mendapat vitamin C beresiko tinggi terkena asma. Asupan Vitamin C cukup akan mengurangi produksi histamin yang berkontribusi terhadap peradangan.

Vitamin C Manfaat Untuk Kulit :
Vitamin C adalah bahan yang paling penting untuk digunakan dalam perawatan kulit. Kemampuannya sebagai perisai kulit dari matahari telah membuatnya menjadi bahan yang sangat diperlukan dalam industri kosmetik .
15 . Sun Protection :

Vitamin C melindungi kulit dari radikal bebas karena kelebihan paparan sinar matahari, polusi lingkungan dan merok*k. Antioksidan dalam Vitamin C akan melindungi kulit dari radiasi ultraviolet dan efek paparan sinar matahari.
16 . Produksi Kolagen :

Vitamin C adalah unsur yang diperlukan tubuh untuk memproduksi hidroksiprolin dan hidroksilin, yang dibutuhkan untuk mengikat molekul yang memproduksi kolagen. Hal ini pada akhirnya akan memberikan kulit yang kencang. Kekurangan kolagen dapat membuat kulit menjadi kusam dan tak bernyawa. Kolagen bermanfaat untuk meremajakan kulit, sehingga mengurangi gejala kulit keriput dan penuaan dini.

17 . Menyembuhkan Luka lebih cepat:
Tubuh menggunakan vitamin C untuk memulihkan kerusakan jaringan, yang akan membantu untuk menyembuhkan luka yang lebih cepat. Luka yang lama tak sembuh mengindikasikan jika tubuh kekurangan vitamin C . Vitamin C berfungsi meningkatkan elastisitas kulit, serta membantu untuk menciptakan jaringan parut dan ligamen untuk pemulihan luka lebih cepat.
18 . Melindungi terhadap perubahan warna kulit:

Vitamin C melindungi DNA dari reaksi fotokimia yang dapat menyebabkan tumor, perubahan warna kulit dan beberapa jenis kanker kulit. Hal ini juga akan mencerahkan kembali kulit dari bintik-bintik , dan membantu untuk mendapatkan kembali kulit yang lebih muda dan halus .
19 . Memperbaiki tekstur kulit :

Kolagen juga menyediakan struktur bagi pembuluh darah, sehingga tubuh juga membutuhkan vitamin C untuk sistem vaskular yang sehat. Pembuluh darah kecil di bawah kulit akan membawa oksigen dan nutrisi yang menjaga kulit sehat. Tanpa nutrisi yang cukup, kulit akan menjadi kasar dan kering. Krim yang mengandung Vitamin C meningkatkan penampilan dan tekstur kulit.

Manfaat Vitamin C  Untuk Rambut :
Dalam rangka untuk mendapatkan rambut yang sehat, kita juga harus makan-makanan yang sehat. Diet sehat akan tercerminkan pada kulit dan rambut kita. Vitamin C lebih hanya sekedar antioksidan, yang juga memainkan peran penting untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut kita. Vitamin C juga memberikan banyak manfaat untuk rambut.
20 . Meningkatkan pertumbuhan rambut:

Rendahnya asupan Vitamin C mungkin bisa menjadi akar penyebab beberapa masalah yang mempengaruhi pertumbuhan rambut kita. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan rambut kering dan bercabang. Kondisi kekurangan vitamin C bisa merugikan kesehatan rambut.

Radikal bebas secara alami terbentuk ketika tubuh kita mengubah makanan yang kita konsumsi menjadi glukosa untuk produksi energi. Radikal bebas bisa merusak rambut kita dengan jalan membuatnya menjadi  lemah, rapuh dan tipis. Kondisi ini tentu mengganggu pertumbuhan rambut. Sifat antioksidan vitamin C akan mengurangi pembentukan radikal bebas,  serta meminimalkan efeknya pada tubuh kita. Asupan Vitamin C yang cukup sangat penting untuk mendapatkan perlindungan dari antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Orang yang cukup vitamin C akan memiliki rambut sehat , kuat dan tebal.
22 . Menghentikan Rambut Rontok :

Vitamin C juga digunakan untuk mengembalikan kelelahan kelenjar adrenal. Sangat penting untuk menghentikan rambut rontok serta mendorong pertumbuhan rambut, karena kelenjar adrenal adalah kunci untuk menjaga keseimbangan hormon yang tepat.
23 . Rambut tebal :

Vitamin C akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat pembuluh kapiler. Hal ini sangat penting untuk rambut agar lebih kuat dan lebih tebal.
24 . Gangguan rambut :

Vitamin C juga merupakan nutrisi penting untuk mencegah berbagai macam gangguan rambut yang dapat merusak folikel rambut. Diet yang cukup mengandung Vitamin C bisa membantu untuk memerangi alopecia, dan kebotakan pada pria.
25 . Mencegah Rambut beruban:

Vitamin C tidak hanya dapat membantu untuk mencegah kerontokan rambut, juga membantu mempertahankan warna alami dengan cara mencegah uban dini pada rambut.

Itula segudang manfaat Vitamin C , yang meliputi seluruh aspek kesehatan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Pastikan Anda untuk mendapatkan vitamin C sesuai dengan dosis yang dianjurkan

0 komentar:

Posting Komentar